Sukses

Jenis Musik Ini Bisa Bantu Usir Depresi

Jangan sembarang dengarkan musik saat sedih atau depresi, pilih yang ceria dan semangat untuk memperbaiki suasana hati.

Liputan6.com, Jakarta Saat merasa depresi, sedih, atau galau coba putar musik agar suasana hati lebih baik. Namun jangan sembarang musik, pilih yang ceria dan semangat untuk memperbaiki suasana hati.

Saran ini bukan sekadar omongan belaka, studi ilmiah membuktikan kekuatan mendengarkan musik terhadap perbaikan suasana hati seperti mengutip Everyday Health, Selasa (25/7/2017).

Penelitian dalam Journal of Positivity Psychology 2013 menemukan fakta, orang yang mendengarkan musik ceria dan upbeat selama dua minggu terbukti jadi lebih bahagia.

"Partisipan yang diminta untuk mendengarkan musik untuk meningkatkan suasana hati, asalkan musik yang didengarkan bahagia seperti musik dari komposer Copland bukan Stravinsky," kata Profesor University of Missouri, Amerika Serikat, Ken Sheldon.

Sheldon kembali melakukan penelitian sama untuk kedua kalinya. Hasilnya mendengarkan musik ceria dan upbeat mampu meningkatkan suasana hati. Hal ini tercapai asalkan memiliki niat agar suasana hati meningkat.

"Menurut beberapa studi lain pada musik, memang musik mampu mengaktivasi bagian otak yang terkait dengan kesenangan," kata penulis lain dalam studi ini, Yuna Ferguson.

Jadi, kala sedih atau depresi melanda langsung putar musik bertempo cepat dan ceria. 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini