Sukses

5 Fakta Unik Seputar Sakit Kepala

Faktanya, sakit kepala dan pusing tidaklah sama. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Masih banyak orang yang keliru dengan sakit kepala dan pusing yang ternyata memiliki perbedaan arti. Meski keduanya sama-sama menyerang kepala, simak fakta uniknya berikut ini seperti dikutip dari Klikdokter.com, Selasa (25/7/2017).

Fakta 1

Sekitar 90 persen keluhan sakit kepala tidak diketahui sebabnya.

Fakta 2

Sakit kepala terbagi menjadi dua segmen. Pertama, sakit kepala primer (tidak diketahui sebabnya), seperti migrain, cluster headache (sensasi nyeri di kepala), tension type headache (rasa tegang di kepala). Kedua, sakit kepala sekunder (sedikit diketahui sebabnya), seperti demam, sakit gigi, dan tumor otak.

Fakta 3

Biasanya sakit kepala terjadi karena pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur.

Fakta 4

Pusing tidak sama dengan sakit kepala. Pusing adalah sensasi lingkungan atau tubuh terasa seperti berputar yang biasanya disebabkan oleh vertigo. Sementara, sakit kepala dapat berdampak terhadap penurunan kualitas hidup, peningkatan biaya berobat, dan turunnya kualitas kerja.

Fakta 5

Obat analgesik yang mengandung methampyrone dapat meringankan nyeri sakit kepala. 

 

Saksikan video menarik berikut ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.