Sukses

4 Alternatif Es Krim yang Lebih Sehat

Suka es krim tapi ingin pilihan yang lebih sehat? Temukan di sini.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak sampai orang dewasa, semuanya suka es krim. Makanan penutup ini memang sempurna untuk kita yang tinggal di negara tropis yang panas.

Sayangnya, kebanyakan es krim dipenuhi dengan zat tambahan yang tidak sehat. Untungnya, jika Anda masih ingin menikmati es krim tapi ingin menjalani gaya hidup sehat, ada alternatif yang bisa dipilih.

Melansir Medical Daily, Senin (23/7/2017), berikut 4 alternatif sehat dari es krim:

1. Sorbet buatan rumah

Sorbet adalah makanan penutup yang lezat dan mudah dibuat. Hanya diperlukan dua bahan untuk membuat sorbet, air dan buah-buahan.

"Saya selalu menyarankan pada pasien untuk mengganti kudapan manis mereka dengan buah-buahan. Pilihan terbaiknya adalah sorbet, dan jangan beli di toko. Sorbet yang ada di toko sudah mengalami terlalu banyak proses," ujar Dr. Eric Braverman, pendiri PATH Medical Center.

"Cobalah membuat sorbet sendiri di rumah menggunakan buah kesukaan dan air, dan masukkan ke dalam cetakan es krim. Keluarkan mereka dari kulkas kapan saja Anda ingin makan sesuatu yang manis."

2. Es krim satu bahan

Jika Anda pernah mencari resep es krim sendiri, besar kemungkinan Anda akan menemukan es krim pisang. Es krim ini mudah dibuat dan menyehatkan, serta hanya perlu satu bahan: pisang.

Potong pisang yang sudah matang jadi sebesar koin, lalu bekukan selama setidaknya dua jam dalam kantung plastik kedap udara.

Begitu Anda mengeluarkannya dari kulkas, proses pisang ini dalam blender atau food processor. Dan es krim pisang sudah siap dimakan, atau bisa juga diletakkan kembali ke dalam kulkas seandainya Anda menginginkan tekstur yang lebih beku.

Jika Anda ingin rasa lebih, tambahkan kayu manis atau kacang-kacangan.

3. Es krim salju tanpa sirup

Alih-alih menuangkan sirup ke atas parutan es batu, pilihan lainnya adalah menuangkan jus buah ke atasnya. Pastikan jus buah ini Anda buat sendiri di rumah dari buah-buahan segar pilihan Anda.

4. Es krim toko berkalori rendah

Jika sorbet atau es krim salju tidak bisa memuaskan keinginan Anda makan makanan manis, maka pilihan lain yang bisa Anda pilih adalah es krim rendah kalori.

Es krim jenis ini biasanya tersedia di supermarket-supermarket besar, dan kalorinya tak lebih dari 240 kalori untuk satu kotak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.