Sukses

Anak Sekarang Jarang Diberikan Makanan yang Bergizi

Liputan6.com, Jakarta Kurangnya pemahaman orangtua mengenai gizi seimbang jadi penyebab anak tak suka makan makanan sehat. Kebanyakan anak saat ini, lebih menyukai makanan tinggi garam dan lemak dibanding makanan sehat. 

Anak belum mengerti bentuk dari makanan sehat itu. Untuk itu, orangtua perlu mengajarkan dengan cara membiasakan anak menyantap makanan yang tinggi protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. 

Hal itu pun dibenarkan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinis, Elvina Karyadi. Dalam sebuah diskusi bersama Forum NGOBRAS pada Jumat, 21 Juli 2017, dijabarkan mengenai pola makan anak yang salah, yang masih terjadi sampai detik ini.

 

1. Tidak menyukai sayuran dan buah-buahan tetapi menyukai makanan tinggi lemak dan asin

“Batasi gula garam dan lemak total, kurangi gula sebanyak 50 gram, garam 2000 miligram, dan lemak total 67 gram,” kata Elvina.

2. Tidak cukup protein dan karbohidrat

Padahal, protein dan karbohidrat sangat dibutuhkan tubuh agar anak memiliki energi yang cukup dalam melakukan aktivitas.

3. Makan sayur dan buah disertai lauk dengan porsi berlebihan

Anak Anda menyukai sayuran dan buah-buahan merupakan hal yang baik, tapi jika porsinya terlalu banyak akan berdampak buruk.

Reporter: Michelle Tania

Artikel Selanjutnya
Bahaya, Tren Camilan Manis untuk Anak Terus Meningkat
Artikel Selanjutnya
Bolehkah Ibu Hamil Makan Sayur Mentah atau Lalapan?