Sukses

Viral, Kondisi Kaki Mengerikan Pembalap Sepeda Tour de France

Pawel Poljanski memamerkan kondisi kaki paling mengerikan saat mengikuti ajang balap sepeda Tour de France

Liputan6.com, Jakarta Ajang Tour de France 2017 baru saja usai. Namun, kehebohan yang mewarnai ajang balap sepeda itu masih jadi pembicaraan. Tak lain foto kaki atlet dari Polandia, Pawel Poljanski yang sempat viral tiga hari lalu.

Pawel Poljanski menggunggah foto kaki dalam keadaan sangat mengerikan. Terlihat kedua kaki atlet sepeda dari tim Bora Hansgrohe ini dipenuhi urat-urat yang menonjol dan bagian lutut tampak memerah.

 

After sixteen stages I think my legs look little tired 😬 #tourdefrance

A post shared by Paweł Poljański (@p.poljanski) on

Sampai pada hari ini, Sabtu, 22 Juli 2017, foto yang diberi keterangan "Setelah menyelesaikan 16 tahap, kaki saya terlihat sedikit kelelahan" sudah mendapatkan tanda suka sebanyak 42.689 dengan jumlah komentar yang mencapai 4.367.

Dari ribuan komentar yang masuk, rata-rata menaruh iba kepada Pawel yang dinilai total dalam mengemban tanggung jawab.

"Itu tidak sehat, teman," ujar salah satu pengguna.

Kondisi yang dialami Pawel Poljanski bukan kasus "mengerikan" yang pertama. Masih dari ajang olahraga yang sama, Chris Froome yang pada 2014 memimpin sebuah tur pun menunjukkan foto yang sama.

Menurut Dr Bradley Launikonis dari University of Queensland School of Biomedical Science, kondisi semacam itu merupakan hal lumrah untuk atlet sepeda jarak jauh.

"Jumlah darah yang biasanya turun ke kaki kita adalah lima meter per menit. Sedangkan bagi atlet yang tergolong biasa saja, maksimal akan menurunkan 20 liter per menit yang mengalir melalui otot," kata Bradley dikutip dari situs ABC.

Apalagi buat atlet sepeda sekelas Pawel Poljanski, sudah pasti berkali-kali lipat. "Bisa dua kali lipat atau sekitar 40 liter per menit. Mereka memiliki volume darah yang sangat besar," kata dia menambahkan.

Sedangkan untuk foto kaki Pawel Poljanski, itu adalah kumpulan darah di pembuluh darahnya, begitu kata Bradley.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.