Sukses

Pola Makan Selama Kehamilan Tentukan Kesehatan Janin

Liputan6.com, Jakarta Pola makan selama kehamilan dapat menentukan kesehatan si Kecil di kemudian hari. Dengan memerhatikan asupan makanan sehari-hari, kemungkinan anak lahir pendek dan kurang gizi amat kecil sekali.

Pendek, tidak selalu dikarenakan genetika. Namun, kekurangan gizi saat hamil dapat menjadi sumber penyebabnya. Begitu yang disampaikan Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), Dr Elvina Karyadi dalam sebuah diskusi bersama Forum NGOBRAS di Kebayoran Baru, Jumat, 21 Juli 2017.

Menurut Elvina, terlalu tinggi konsumsi gula dan lemak selama hamil tidak hanyak buruk untuk perempuan itu sendiri, melainkan juga janin yang ada di kandungan itu.

"Belum lagi jika kurang konsumsi sayur dan buah, ditambah kurangnya aktivitas fisik," kata Elvina menjelaskan.

Elvina menyarankan supaya ibu hamil membatas asupan gula, garam, dan lemak (GGL). Konsumsi GGL yang berlebihan, lanjut dia, dapat berpengaruh pada janin yang berada di dalam kandungan ibu.

Karena itu, seimbangkan asupan gula, garam, dan lemak Anda dengan sayur dan buah-buahan. Sehingga mimpi Anda dan suami untuk memiliki keturunan yang sehat dan cerdas jadi kenyataan.

Michelle Tania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini