Sukses

Paparan Radiasi Jadi Pemicu Berkembangnya Gangguan Tiroid

Apa yang menyebabkan gangguan tiroid berkembang?

Liputan6.com, Jakarta Gangguan tiroid berupa hipotiroid (kekurangan tiroid) dan hipertiroid (kelebihan tiroid)  dapat mengganggu metabolisme tubuh. Jika Anda mengalami hipotiroid, proses metabolisme tubuh melambat.

Sementara itu, hipertiroid dapat membuat proses metabolisme tubuh berlangsung cepat. Kedua jenis tiroid ini ditandai dengan benjolan di leher. Benjolan yang muncul bisa satu benjolan bahkan beberapa benjolan.

Jika tidak segera ditangani, benjolan makin lama menjadi kanker tiroid. Namun, apa yang menjadi pemicu gangguan tiroid makin berkembang?

Ketua Jakarta Endoctrine Meeting 2017, dr Dante Saksono H, SpPD-KEMD, PhD mengungkapkan, paparan radiasi dari sinar X menjadi pemicu utama kelenjar tiroid makin berkembang.

"Tidak ada makanan apapun yang memicu berkembangnya tiroid. Yang memicu itu justru dari paparan radiasi, terlebih lagi paparan radiasi yang terkena pada leher," kata dr Dante ketika ditemui pada acara Sehatkah Tiroidmu? Mengenal Hipotiroid, Hipertiroid, dan Kanker Tiroid di Shangri-la Hotel Jakarta pada Jumat (21/7/2017).

Untuk menghindari agar gangguan tiroid tidak semakin berkembang, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Bila Anda menemukan atau merasa ada benjolan pada leher, lekas lakukan pemeriksaan ke dokter. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.