Sukses

Mata Melotot karena Hipertiroid Bisa Berisiko Kebutaan

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin akan heran melihat kondisi seseorang dengan mata melotot yang terlihat menonjol dan hampir copot keluar (eksoftalmus).

Ternyata ini bukan tanda seseorang sedang kesal dan marah, melainkan akibat kelebihan hormon tiroid (hipertiroid).

"Perhatikan saja kalau orang matanya melotot seperti mau copot keluar. Beda sama melotot biasa, ya. Mata melotot pada orang yang hipertiroid itu bagian putih yang berada di atas kornea mata (yang berwarna hitam) benar-benar terlihat jelas. Kalau orang normal kan bagian putih di atas kornea mata tidak begitu terlihat," jelas ahli endokrin Fakultas Kedokteran UI-RS Cipto Mangunkusumo, dr Farid Kurniawan, SpPD.

Saat ditemui dalam acara Sehatkah Tiroidmu? Mengenal Hipotiroid, Hipertiroid, dan Kanker Tiroid di Shangri-la Hotel Jakarta pada Jumat (21/7/2017), dr Farid mengungkapkan.

Bila tidak segera ditangani dengan menormalkan kembali hormon tiroid lewat konsumsi obat, penglihatan individu yang mengalaminya bisa terganggu bahkan berbahaya.

"Kornea mata bakal kering. Terlebih lagi mata sampai tidak bisa menutup. Lama-lama penglihatan menurun dan bisa berisiko tinggi mengalami kebutaan," ungkapnya. 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.