Sukses

Coba 4 Hal Ini agar Tidur Malam Nanti Lebih Nyenyak

Mengatur cahaya kamar dan empat hal berikut ini bisa Anda coba untuk tidur lebih mudah dan nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk orang yang sulit tidur lelap? Jika ya, empat cara canggih berikut ini dapat menjamin tidur nanti malam lebih cepat dan nyenyak dari sebelumnya.

Semua tahu kurang tidur dapat mengganggu seluruh kondisi tubuh baik dari dalam dan luar. Menurut Dr Sanjeev Kothare, dari NYU Langone Comprehensive Epilepsy Center—Sleep Center, mengatakan hormon kortisol yang tinggi akibat kurang tidur dapat membuat seseorang mudah stres.

Tak hanya itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung, tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi. "Secara keseluruhan kurang tidur dapat memperburuk otak Anda juga," kata Kothare.

Melansir laman Marie Claire, Kamis (20/7/2017) empat cara berikut ini bisa Anda coba untuk tidur lebih mudah dan nyenyak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Atur suhu

Para ahli mengatakan suhu paling nyaman dan ideal untuk membuat tubuh tidur nyenyak di antara 60 sampai 68 derajat fahrenheit, atau sekitar 15 sampai 20 derajat celsius. Anda juga harus terbalut oleh selimut tebal untuk menonaktifkan mata dan tubuh tertidur lelap.

2. Pasang musik akustik
Musik akustik dengan volume yang pelan akan mengantar otak tertidur lelap. Pilih jenis musik yang menenangkan, lalu redupkan lampu kamar.

3. Atur napas
Dalam ponsel Anda, ada aplikasi yang menawarkan pengaturan napas untuk mendapatkan pernapasan, detak jantung dan siklus tidur yang tepat. Disana, Anda akan diarahkan untuk melakukan beberapa cara pernapasan yang dapat membuat tubuh dan otak lebih tenang dan mengantuk.

4. Pasang aroma terapi
Memasang aroma terapi di kamar juga dapat membantu untuk tidur lebih mudah dan terlelap. Pilih aroma yang sejuk dan menenangkan seperti lavender.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.