Sukses

Hormon Ini Pastikan Kenyamanan Ibu Saat Persalinan

Dalam proses melahirkan itu ada hormon yang bekerja dan melancarkan persalinan.

Liputan6.com, Jakarta Gentle birth merupakan sebuah istilah persalinan yang prosesnya dilakukan dengan dengan tenang dan tanpa drama. Persalinan ini dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan sang ibu dan memberikan kenyamanan. Tujuannya adalah untuk meminimalisir rasa sakit dan mengurangi trauma yang dialami ibu selama persalinan.

Di Indonesia, gentle birth yang cukup banyak dilakukan yaitu water birth atau melahirkan di dalam air. Meski melakukan water birth tidak direkomendasikan oleh Ikatan Bidan Indonesia, namun water birth bisa dilakukan saat wanita berada dalam proses kala 1 persalinan. Lebih jelasnya baca: Pada Tahap Apa Water Birth Boleh Dilakukan?

Hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan, relaksasi dan mengurangi rasa sakit saat wanita mengalami kontraksi.

"Memberikan dukungan kepada wanita yang hendak melahirkan, terutama dukungan psikologis itu sangat penting, karena kalau mendapat dukungan yang cukup, kenyamanan memadai dan dilayani dengan hati, wanita akan lebih mudah menjalani persalinan," papar Dr. Emi Nurjasmi dalam acara puncak hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia pada Rabu (19/7/2017) di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat.

Dr. Emi Nurjasmi lebih lanjut menjelaskan, dalam proses melahirkan itu ada hormon yang bekerja, yaitu hormon oksitosin.

"Melalui kenyamanan dan dukungan psikologis produksi hormon oksitosin dapat meningkat yang membantu kelancaran proses kelahiran. Hal ini dapat menstimulasi ibu untuk melahirkan secara optimal," tutupnya.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini