Sukses

Tips Aman untuk Anak Bermain Internet Ala Google

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak zaman sekarang sudah canggih berinternet. Kala memegang ponsel ayah atau ibunya dengan sambungan internet dia bisa menjelajah banyak hal. Terkadang kemampuan mereka memakai ponsel pintar pun bikin orangtua kaget.

Kecanggihan teknologi internet bagai pisau bermata dua. Ada banyak hal positif, tapi jangan lupakan potensi hal negatif juga mulai dari konten yang tidak sesuai umur hingga kriminilitas siber.

Tentu setiap orangtua tak mau anaknya mendapat hal negatif dari berinternet, Google pun meminta peran aktif orangtua dalam hal ini. "Kita ingin menjadi orangtua yang baik di era teknologi canggih seperti sekarang. Keterlibatan orangtua dalam menghadirkan hal-hal positif dari internet bagi anak penting di sini," kata User Education and Outreach Specialist Asia Pacific dari Google, Lucian Teo di kantor Google Indonesia pada Rabu (19/7/2017).

Berikut tips aman anak main internet dari Google seperti disampaikan Lucian:

1. Komunikasi dengan anak
Beritahu anak kapan saja waktu bisa menggunakan internet. Setiap keluarga pasti punya aturan yang berbeda-beda.

2. Dampingi anak berinternet
Saat anak menggunakan internet, ada baiknya orang dewasa selalu memantau. "Jadi ketika ada hal atau konten yang tidak diinginkan muncul bisa memberitahu anak bahwa ini tidak baik," kata Lucian

3. Letakkan komputer di tempat sentral
Sama seperti ponsel, komputer berintenet pun bisa mendapat hal positif maupun negatif. Ada baiknya komputer diletakkan di tempat sentral agar bisa diketahui siapa dan apa yang sedang dilakukan.

4. Ajarkan respek
Penting bagi orangtua mengajarkan anak menghargai privasi orang lain sebelum mengunggah sesuatu ke internet. Misalnya menanyakan kepada orang lain apakah boleh mengunggah foto kebersamaan mereka ke media sosial.

5. Optimalkan pengaturan internet
Salah satu hal terpenting adalah pengaturan (setting) peralatan Anda. Lucian meminta orangtua untuk mengotak-atik ponsel atau komputer sehingga internet atau Youtube atau Playstore diatur aman untuk anak.

Artikel Selanjutnya
Panduan Sukses Kencan Online untuk Milenial
Artikel Selanjutnya
Daftar Pekerjaan Freelance yang Bisa Dilakukan Mahasiswa