Sukses

5 Tips Mudah Latih Bayi Belajar Jalan

Anda bisa melatih bayi belajar berjalan.

Liputan6.com, Jakarta Belajar jalan melibatkan serangkaian perkembangan, dimulai saat bayi berdiri di tempat tidur dan berpegangan pada sofa untuk mengatur keseimbangan saat ia menggerakkan kaki. Proses bayi belajar jalan pun memakan waktu beberapa bulan.

"Bayi belajar jalan biasanya saat berusia 8-18 bulan," kata Carol Cohen Weitzman, direktur pediatri di Yale School of Medicine, Amerika Serikat. Ada beberapa cara membantu bayi berjalan, seperti dilansir dari Fit and Pregnancy, Kamis (20/7/2017).

Jelajahi lantai

Anda bisa membiarkan bayi berjalan bebas di lantai walaupun harus melihatnya jatuh. Semakin sering si kecil berjalan, semakin baik kemampuannya berjalan.

Berikan umpan

Letakkan mainan yang menyenangkan sebagai umpan di sofa atau meja. Buat bayi berjalan sedikit dan tidak terlalu jauh. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latihan melompat

Latihan melompat

Berikan anak latihan melompat. Cara ini akan membangun kekuatan di kaki dan tubuh.

Berikan pegangan

Mainan kereta atau mobil dorong yang cukup besar bisa membantu bayi menguji pijakan kakinya. Pastikan dia memegangnya sambil melatih keseimbangan.

Tak pakai sepatu

Biarkan kakinya menyentuh tanah sehingga dia bisa merasakan tekstur lantai. Namun, saat berada di luar rumah, Anda bisa memakaikan sepatu yang nyaman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.