Sukses

Bayi di Dalam Perut Sudah Bisa Bedakan Suara Orang

Selain memberikan gerakan, bayi di dalam perut juga bisa membedakan suara orang dan yang bukan.

Liputan6.com, Jakarta Selain memberikan gerakan seperti tendangan atau sundulan, bayi di dalam perut juga bisa memberikan respons terhadap suara dari luar. Bahkan, jauh sebelum kelahirannya, bayi di dalam rahim bisa mengidentifikasi antara suara manusia dan suara lainnya.

Melansir laman Boldsky, Rabu (19/7/2017), sebuah penelitian mengklaim bahwa janin bisa mendengar suara dan bisa membedakan mana suara bising dan suara yang berasal dari manusia. Penelitian menemukan, saat bayi mendengar suara orang, detak jantungnya akan normal.

Namun, saat bayi mendengar suara bising, detak jantungnya sedikit bervariasi. Bagi periset, selain efek gelombang suara yang bisa memengaruhi tubuh, kemampuan mendengar bayi di dalam perut juga dinilai sebagai wahyu dari Tuhan.

Para periset telah mempelajari lebih dari 20 ibu hamil dengan usia kandungan delapan bulan. Pada usia tersebut, sensitivitas pendengaran bayi sudah sangat efektif dibandingkan dengan usia di bawahnya.

Sejak usia kandungan masih di trimester kedua, periset juga memperhatikan jika janin bisa merespons suara tertentu seperti musik.

Namun, respons yang paling besar adalah jika si jabang bayi mendengar suara ibu. "Suara yang terjadi di dalam tubuh ibu adalah suara yang paling terdengar," tulis peneliti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.