Sukses

6 Langkah Persiapkan Perubahan Rutin Anak Saat Masuk SMP

Liputan6.com, Jakarta Beranjak dari sekolah dasar ke sekolah menengah pertama termasuk perubahan yang sulit bagi anak. Anak harus beradaptasi dengan sekolah baru. Tak seperti di SD yang mungkin anak masih bermain.

Di SMP, anak akan mengalami tantangan baru dengan teman-teman baru dan mulai menghadapi persaingan dalam prestasi. Orangtua bisa mempersiapkan anak melalui perubahan rutin sehari-hari, ditulis dari Understood, Rabu (19/7/2017).

1. Bicarakan soal perubahan yang dihadapi

Bicarakan soal perubahan rutin saat masuk SMP, mulai dari jam sekolah yang lebih lama dibanding saat SD, sampai berbagai mata pelajaran yang dipelajari.

2. Bahas jadwal kegiatan sekolah lebih awal

Tidak semua sekolah memberikan jadwal kegiatan sekolah sebelum awal tahun pelajaran dimulai. Anda bisa mencari dan  memastikan jadwal kegiatan sekolah di SMP yang dituju anak.

Misal, kapan Ujian Tengah Semester dan ujian semester berlangsung. Bantu anak menuliskannya di buku catatan atau aplikasi catatan di ponselnya. 

 

1 dari 5 halaman

3. Berkeliling sekolah

Salah satu tantangan terbesar bagi anak yang baru masuk SMP adalah mulai masuk kelas tepat waktu dan berbagai perlengkapan sekolah yang dibutuhkan.

Anda dapat membantu anak berjalan-jalan ke sekeliling sekolah untuk melihat lokasi kelasnya untuk beradaptasi. Anda juga berkeliling untuk melihat kantin, perpustakaan, toilet, dan ruang guru.

2 dari 5 halaman

4. Tetapkan rutinitas harian baru di rumah

Saat masuk SMP, anak mungkin harus berangkat lebih awal. Cobalah menyesuaikan waktu tidur anak agar dia tidak terlambat bangun pagi.

Ajak anak untuk tidur lebih awal dari jam biasanya. Bicarakan juga soal kegiatan setelah anak pulang sekolah. Apakah dia akan mengerjakan pekerjaan rumahnya? Atau ikut les musik atau les lainnya.

3 dari 5 halaman

5. Atur perlengkapan dan peralatan sekolah

Untuk memudahkan anak menggunakan perlengkapan sekolah, seperti buku dan tas, Anda bisa membantunya.

Misal, ajak anak untuk menyampul buku pelajaran dengan sampul warna biru atau menyampul buku tulis dengan warna merah. Warna yang berbeda dapat memudahkan anak mencari buku tersebut.

4 dari 5 halaman

6. Semangati anak

Menyesuaikan diri dengan rutinitas baru melalui proses yang panjang. Beritahu anak, tiap orang akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan belajar di lingkungan baru.

Selain itu, ingatkan anak bahwa dia tidak sendiri. Biarkan anak tahu kalau merasa sedikit gugup di awal masuk adalah kondisi yang wajar. Yakinkan anak bila Anda akan terus membantu dan memberikan semangat padanya.

Artikel Selanjutnya
Jokowi Segera Teken Perpres Full Day School
Artikel Selanjutnya
Pesan Penting Pelatih untuk Calon Pembawa Baki Paskibraka 2017