Sukses

Kerja Lebih dari 11 Jam Sehari, Ancaman Kesehatan Ini Mengintai

Bekerja larut malam sampai harus bergadang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Liputan6.com, Jakarta Bekerja berlebihan sampai larut malam bahkan tidak tidur atau begadang meningkatkan risiko penyakit stroke, jantung, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Menurut sebuah penelitian University College London, bekerja berlebihan dan tidak tidur meningkatkan 40 persen risiko kardiovaskular. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, riwayat diabetesi, tekanan darah tinggi, berat badan dan rokok.

Mereka yang memiliki riwayat diabetes, tekanan darah tinggi, merokok dan tidak beraktivitas fisik akan mengalami penyakit kardiovasular lebih tinggi dibanding mereka yang tidak.

Mika Kivimaki, Profesor di University College London, mengatakan pola hidup tidak sehat dan tidak teratur menjadi pemicu nomor satu seseorang mengalami stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Sementara itu, bekerja berjam-jam lamanya hingga larut malam akan membuat aliran darah terganggu, khususnya fibrilasi atrial yaitu simtoma ritme denyut abnormal yang terjadi di jantung.

"Atrial fibrosis juga dapat mempengaruhi gagal jantung dan dimensia," ujar Kivimaki.

Survei yang terbit dalam European Heart Journal, menganalisis data dari 85.494 pria dan wanita dari Inggris, Denmark, Swedia dan Finlandia menemukan orang yang bekerja berlebihan sekitar 55 jam per minggu atau lebih dari 11 jam sehari berisiko mengalami masalah pada fibrilasi atrial dikutip dari Boldsky, Rabu (19/7/2017). 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.