Sukses

Lemak dan Kalori, Apa Bedanya?

Liputan6.com, Jakarta Lemak dan kalori seringkali dianggap memiliki arti yang sama. Padahal keduanya adalah hal berbeda. Jika Anda sedang menjalani diet, penting untuk memahami perbedaan lemak dan kalori.

Dilansir dari Ndtv, Rabu (19/7/2017) kalori merupakan satuan pengukuran yang digunakan untuk menunjukkan jumlah energi yang dilepaskan saat makanan dicerna. Saat tubuh melepaskan semua kalori sesuai dengan asupan yang Anda makan, berat bedan Anda bisa dipertahankan.

Namun, jika Anda memiliki ekstra kalori, kalori tersebut akan disimpan dalam bentuk lemak. Semua makanan merupakan sumber kalori. Setiap gram karbohidrat dan protein setara dengan empat kalori. Sedangkan satu gram lemak setara dengan sembilan kalori.

Lemak merupakan satu dari enam nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat. Lemak digunakan sebagai bahan bakar oleh tubuh. Jika seseorang memiliki asupan lemak berlebih, maka akan disimpan dan digunakan tubuh saat kekurangan makanan.

"Kita harus tahu bahwa kalori dihasilkan oleh semua yang Anda konsumsi, sementara itu lemak hanyalah satu dari sejumlah nutrisi yang menghasilkan kalori," kata Dr Simran Saini dari Fortis Hospital di New Delhi.

Cara terbaik untuk menjalani diet seimbang adalah dengan memenuhi kebutuhan kalori dari karbohidrat, lemak dan protein namun tetap sesuai dengan kebutuhan.

 Saksikan juga video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Kurus seperti Jokowi? Berikut 5 Cara Sehat Tambah Berat Badan
Artikel Selanjutnya
Ternyata Jalan Kaki Lebih Banyak Membakar Lemak dari Berlari