Sukses

Konsumsi Buah Saat Perut Kosong, Apa Manfaatnya?

Liputan6.com, Jakarta Saat perut merasa lapar, kebanyakan orang akan langsung menyantap makanan berat, seperti nasi, mi, dan roti. Padahal, konsumsi buah saat perut kosong justru lebih menyehatkan.

Dilansir dari laman Boldsky, Selasa (18/7/2017), mengonsumsi buah saat perut kosong membantu mendetoksifikasi sistem tubuh, memberikan suplai energi, dan menurunkan berat badan.

Saat buah dikonsumsi bersama makanan lain, efek membusuk dari makanan lain menyebabkan produksi gas dan menimbulkan kembung. Selain itu, konsumsi buah sebelum menyantap makanan lain dinilai lebih baik agar buah tidak cepat membusuk dan berubah menjadi asam saat bercampur dengan makanan berat dan cairan pencernaan.

Berikut ini beberapa buah yang baik dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.

1. Apel

Apel mengandung antioksidan dan flavonoid yang membantu mengurangi risiko kanker usus besar, serangan jantung, dan stroke. Hal ini menjadikan apel sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi saat perut kosong.

2. Stroberi

Stroberi memiliki jumlah antioksidan tertinggi dan melindungi tubuh dari penyebab kanker, mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan menghilangkan radikal bebas.

3. Jeruk

Konsumsi dua hingga tiga buah jeruk per hari saat perut kosong membantu menurunkan kadar kolesterol, mencegah dan melarutkan batu ginjal dan mengurangi risiko kanker usus besar.

4. Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin C yang berguna untuk mencegah sembelit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini