Sukses

Dokter Temukan 27 Lensa Kontak di Mata Nenek 67 Tahun

Liputan6.com, Inggris Keluhan mata kering diungkapkan nenek berusia 67 tahun. Ia merasa tak nyaman dengan matanya. Dokter bedah pun kemudian menjadwalkan operasi katarak pada bulan November lalu. Namun, setelah dokter bedah di Solihull Hospital, Inggris melakukan pemeriksaan, ditemukan hal mengejutkan pada mata nenek tersebut.

Penyebab ketidaknyamanan yang dirasakan nenek pada matanya bukan karena katarak biasa dan jauh lebih memprihatinkan. Mengutip CNN, Selasa (18/7/2017), dokter menemukan 27 lensa kontak menempel di mata kanan nenek tersebut.

Insiden ini dipublikasikan dalam sebuah artikel yang diterbitkan di British Medical Journal awal bulan ini. Rupal Morjaria, spesialis bidang oftalmologi mengatakan, sang nenek tidak mengeluhkan masalah penglihatan sebelum operasi katarak.

"Awalnya kami menemukan 17 lensa kontak yang saling bertumpuk. Kemudian 10 lensa kontak lainnya ditemukan dalam pemeriksaan lanjutan. Kami semua sangat terkejut dan tidak pernah menemukan kasus seperti ini sebelumnya," kata Morjaria.

Sementara itu, Dr Thomas L Steinemann, juru bicara klinis American Academy of Ophthalmology menanggapi, ia pernah melihat pasien memiliki satu lensa kontak yang menempel di mata tapi tidak pernah sebanyak 27 lensa kontak.

1 dari 2 halaman

Lensa kontak sekali pakai

Lensa kontak sekali pakai

Nenek itu telah memakai lensa kontak sekali pakai selama 35 tahun. Tapi tidak jelas berapa lama lensa kontak sudah terkumpul pada matanya. Nenek pun memberi tahu dokter bedah, terkadang dirinya kesulitan mengeluarkan lensa kontak dari mata tapi tidak dapat menemukan lensa kontaknya.

Ia mengira lensa kontaknya sudah terjatuh tapi sebenarnya lensa kontak menempel di mata dan saling menumpuk dengan lensa kontak lain. Meskipun 27 lensa kontak ditemukan pada mata kanan, mata kiri nenek itu baik-baik saja.

Morjaria merasa heran denganĀ  sang nenek yang tidak langsung merasakan efek lensa kontak menempel pada matanya. Gejala dari lensa kontak yang terperangkap di mata berupa rasa sakit yang parah atau gatal, sensitivitas cahaya dan kemerahan.

Mata kering termasuk gejala yang paling sensitif. Lensa kontak sekali pakai yang dipakai pasien ibarat spons untuk menyerap bakteri. Hal ini kemungkinan berisiko tinggi terhadap infeksi.

Operasi katarak wanita tersebut ditunda setelah 27 lensa kontak diangkat. Sang nenek kembali memeriksakan diri dua minggu kemudian. Ia merasa jauh lebih baik. Operasi katarak pun tetap dilakukan setelah kondisi mata sang nenek cukup pulih setelah diangkatnya 27 lensa kontak.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Temuan Mumi 375 Tahun Ungkap Penyakit Hati Tertua di Dunia
Artikel Selanjutnya
Idap Demensia Langka, Pelatih Ski Ini Butuh Perawatan 24 Jam