Sukses

Varian Makanan Sehat Penguat Gigi Anak

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak cenderung sangat menyukai makanan manis, dan hal ini bisa berbahaya bagi gigi anak. Untungnya, ada banyak makanan lain yang bisa dijadikan pilihan sehat, karena bisa menguatkan gigi mereka, mengutip Parents, Selasa (17/7/2017). 

1. Jeruk, kiwi, stroberi, dan paprika

Ada beberapa tipe bakteri di dalam mulut anak. "Beberapa dari bakteri itu bisa menyebabkan gingivitis, yang adalah tahap pertama penyakit gusi," ujar Melvin Pierson, DDS, juru bicara dari Academy of General Dentistry.

Vitamin C di dalam buah-buahan seperti jeruk, jeruk nipis, pepaya, dan stroberi membantu membunuh bakteri ini sekaligus meningkatkan pasokan kolagen dalam gusi.
Sayuran yang juga sehat untuk gusi dan gigi anak adalah, paprika merah, kuning, atau oranye; tomat; dan ubi jalar.

Namun dokter gigi mengatakan, anak setidaknya harus menunggu 30 menit sebelum menyikat gigi setelah makan makanan atau minuman yang mengandung citrus. Ini karena citric acid di dalam buah bisa secara sementara melemahkan enamel gigi dan membuatnya lebih rentah erosi akibat menyikat gigi.

2. Susu, yoghurt, dan keju

Karbohidrat berkanji seperti roti, kentang, dan pasta mengurai menjadi gula. Gula ini memberi makan bakteri jenis lain di mulut yang bisa menyebabkan asam penyebab gigi anak berlubang.

Ketika anak minum susu atau yoghurt dan memakan keju--yang kaya akan kalsium, vitamin D, dan fosfor--hal ini meningkatkan kadar pH di mulut, dan menurunkan kadar asam, dan mengurangi risiko gigi berlubang, ujar Ray J Jurado, DDS, direktur kesehatan gigi anak di Children's Memorial Hospital di Chicago, AS.

Kalsium juga bermanfaat untuk beberapa hal lain: mereka berbaur dengan plak dan menempel di gigi, terus melindungi gigi dari asam yang tertinggal. Kalsium juga memperbaiki enamel yang sudah rusak dan menguatkan tulang yang ada dalam gigi, membuatnya jadi lebih tahan terhadap penyakit periodontal nantinya. 

 

 

1 dari 2 halaman

3. Wortel mentah, seledri, kembang kol, dan buncis

Sayuran garing adalah makanan yang bisa dikunyah dan secara mekanik akan membersihkan gigi dan gusi.

"Makanan ini secara alami akan mengikis plak yang tertimbun di antara makanan atau ketika anak lupa menggosok gigi," ujar dokter gigi keluarga Jimmy Wu, DDS, dari San Diego.

4. Wijen, biji bunga matahari, biji labu, dan kacang
Kacang dan biji-bijian mengandung lemak alami yang akan melingkupi gigi dan melindunginya dari bakteri, ujar Dr Wu. Minyak di dalam biji-bijian ini akan memperkuat enamel, membuat gigi lebih tahan terhadap kemungkinan berlubang.

Kebanyakan biji-bijian juga mengandung kalsium. Anak di atas usia 4 tahun bisa memakannya sebagai cemilan.

5. Permen karet bebas gula

Saat anak meminta dibelikan permen karet, iyakan saja. Ludah akan melonggarkan plak, meningkatkan jumlah antibodi alami di dalam mulut, dan menjadikan gusi tetap terhidrasi.

Mengunyah makanan apa saja yang akan merangsang produksi ludah bisa membantu mencegah pengeroposan gigi, menurut Asosiasi Gigi Amerika (ADA).

Namun tunggu sampai anak berusia setidaknya mepat tahun sebelum memberi mereka permen karet, sehingga Anda bisa yakin mereka tidak akan menelannya.

Artikel Selanjutnya
Doyan Makan Sushi? Ini Pilihan yang Tak Bikin Gemuk
Artikel Selanjutnya
Tata Cara Bersihkan Gigi Balita dengan Benar