Sukses

4 Cara Praktis Bangun Pagi Lebih Awal

Tak semua orang terbiasa bangun pagi, apalagi bagi mereka yang memiliki jam kerja malam.

Liputan6.com, Jakarta Tak semua orang terbiasa bangun pagi, apalagi bagi mereka yang memiliki jam kerja malam. Tapi ada cara termudah untuk mengembalikan waktu bangun tidur lebih awal seperti berikut.

Mengutip laman Marie Claire, Senin (17/7/2017) bangun tidur pagi hari memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Menurut Dr Janet K. Kennedy, psikolog klinis sekaligus pemlik dari NYC Sleep Doctor dan penulis dari The Good Sleeper: The Essential Guide to Sleep for Your Baby (and You), berikut cara untuk mempermudah diri bangun lebih awal.

1. Atur alarm lebih awal

Jika Anda terbiasa bangun pukul 09.00 pagi coba untuk atur alarm 30 menit lebih awal. Ini bisa mengawali usaha Anda untuk bangun tidur lebih pagi. Meski badan tidak akan bangun secara otomatis, tapi cara ini akan membantu Anda setidaknya dalam seminggu bisa membuat Anda bangun lebih awal.

2. Hindari pekerjaan dan gadget

Selama satu jam sebelum tidur Anda wajib menjauhkan ponsel, televisi dan laptop. Sebab barang elektronik tersebut merupakan biang kerok Anda tak bisa tidur lebih cepat dan bangun pagi hari.

3. Latihan fisik teratur

Latihan fisik secara teratur dapat mempengaruhi pola sirkadian tubuh dan mengurangi gejala cemas yang membuat seseorang sukar tidur cepat dan bangun tidur lebih awal.

4. Atur cahaya lampu kamar

National Sleep Foundation menunjukkan bahwa lampu yang remang-remang dan mengatur suhu kamar akan membuat seseorang untuk tidur lebih cepat dan mempermudah bangun pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.