Sukses

Mengapa Obat Anemia Ini Bikin Ibu Hamil Ingin Muntah?

Liputan6.com, Jakarta Bagi ibu hamil yang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah, pemberian obat asam folat menjadi solusi yang tepat. Asam folat (folic acid) membantu meningkatkan kadar sel darah merah.

Namun, pada kasus tertentu, asam folat yang diberikan pada ibu hamil malah membuatnya makin ingin muntah, terutama pada kehamilan trimester pertama (0-12 minggu).

Menurut dr Ulul Albab, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), pemberian asam folat yang menyebabkan ibu hamil makin ingin muntah bisa disebabkan beberapa hal. Pertama, adanya kelainan pada sistem pencernaan sebelum kehamilan--bukan sekadar sakit mag biasa. Ini harus dicek secara rinci.

Kedua, adanya kombinasi makanan dan minuman tak tepat yang dikonsumsi bersamaan dengan asam folat. Ketiga, cara minum asam folat.

"Kalau biasanya obat diminum sebelum makan, yang menyebabkan pasien makin muntah. Solusinya, asam folat bisa diminum bersamaan ketika makan. Meskipun penyerapan obat akan lebih lama, paling tidak mengurangi asam lambung naik. Itu tidak masalah," dr Ulul dalam acara Dampak Gangguan Saluran Cerna dan Anemia pada Kehamilan di Gedung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Sabtu (15/7/2017).

Penyebab selanjutnya bisa diselidiki lebih lanjut, obat lain apa saja yang diminum selain asam folat. Adanya obat lain yang diminum bisa menjadi penyebab pasien makin ingin muntah

 

Artikel Selanjutnya
Apa Efeknya Jika Ibu Menyusui Minum Alkohol?
Artikel Selanjutnya
Orangtua, Ketahui Bahaya di Balik Penggunaan Bedak Bayi