Sukses

Jenis Obat Mual dan Muntah yang Aman Diminum Ibu Hamil

Liputan6.com, Jakarta Antasida tergolong obat mag paling aman diminum untuk mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil. Kondisi mual dan muntah kerap dialami ibu hamil pada trimester pertama kehamilan (0-12 minggu). Tanpa memerlukan resep dokter, antasida bisa diperoleh secara bebas.

Label hijau pada bungkus obat antasida menandakan, obat tersebut tidak membahayakan kesehatan dan tidak mempunyai efek samping, terutama untuk ibu hamil.

Salah satu jenis antasida adalah hydrotalcite--antasida yang mengombinasikan magnesium dan aluminium.

"Kombinasi zat tersebut untuk menetralkan asam lambung. Proses menetralkan asam lambung dengan hydrotalcite memang butuh waktu cukup lama. Meskipun begitu, sangat efektif menyerap racun dan mengatasi mual dan muntah," jelas dr Ulul Albab, SpOG, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam acara Dampak Gangguan Saluran Cerna dan Anemia pada Kehamilan di Gedung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Sabtu (15/7/2017).

Ia melanjutkan, mual dan muntah bisa menyebabkan ibu hamil enggan makan. Lambung pun tidak bekerja dengan benar karena tidak ada asupan makanan yang masuk. Ini kemudian mengakibatkan lambung mengalami luka (peradangan).

Antasida berperan melindungi lambung dari luka. Dalam penggunaannya, antasida boleh diminum bersamaan dengan obat zat besi bila ibu hamil mengalami anemia. Selama ibu menyusui pun antasida aman diminum. 

 

Artikel Selanjutnya
Alasan Kopi Bisa Jadi Obat Sakit Kepala
Artikel Selanjutnya
Salmon dan 8 Makanan Pereda Nyeri Haid dan Sakit Kepala