Sukses

Menikah Itu dengan Rencana Bukan karena Bencana

Kepala BKKBN mengatakan, menikah bukan hal sepele, tapi perlu perencanaan

Liputan6.com, Jakarta Menikah bukan hal sepele, tapi perlu perencanaan. Menikah juga sebaiknya bukan karena "bencana", misalnya akibat hamil di luar nikah.

Begitulah apa yang disampaikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Surya Chandra Surapaty. 

"Jadi kepada anak-anak muda, katakan tidak pada seks bebas, katakan tidak nikah usia anak, dan katakan tidak pada narkoba," kata Surya Chandra saat pembukaan pameran dan gelar dagang dalam rangkaian Hari Keluarga Nasional di Bandar Lampung, Lampung, Minggu (16/7/2017).
 
Seks bebas selain meningkatkan risiko terkena penyakit menular, juga kehamilan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Surya menekankan pentingnya generasi muda merencanakan hidupnya, seperti kapan sekolah, bekerja, dan menikah. 
 
Selain itu, pria kelahiran 21 Juni 1951 itu juga menganjurkan wanita untuk menikah minimal usia 21 tahun, sementara pria minimal 25 tahun. Jadi sebelum membina rumah tangga sudah siap fisik, mental, dan finansial. 
 
"Menikah dengan perencanaan matang bakal mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera," pungkasnya.
 
 
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.