Sukses

Cara Efektif Atasi Anemia Selama Kehamilan

Liputan6.com, Jakarta  
Kekurangan sel darah merah atau yang dikenal anemia merupakan permasalahan serius bagi ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko keguguran, pendarahan, hingga kematian saat melahirkan.
 
Apalagi kadar sel darah pada tubuh kurang dari 7 (kadar normal sel darah merah antara 8-10,5. Untuk mengembalikan kadar sel darah merah pada tubuh ibu hamil diperlukan pemberian suplemen zat besi dan asam folat. 
 
“Suplementasi zat besi dan asam folat ini agar kadar sel darah merah meningkat sekaligus membantu sel darah merah mengikat oksigen," jelas dr. Adya F Dilmy, SPoG, BMSc, Divisi Fetomaternal, Departemen Obstetrik dan Ginekologi FKUI-RS Cipto Mangunkusumo Jakarta.
 
Selain pemberian zat besi dan asam folat, cara mencegah anemia pada kehamilan, yaitu melalui pemeriksaan kadar sel darah merah sejak awal kehamilan atau jauh sebelum hamil. Cara ini akan menunjukkan, apakah Anda memang berisiko mengalami anemia atau tidak, terutama saat hamil. 
 
"Ibu hamil juga perlu makanan penambah zat besi (untuk mencegah anemia), seperti perbanyak makan daging dan ikan dan makanan yang mengandung vitamin C (jeruk, mangga) juga kaya zat besi," tambah dokter yang akrab disapa Dido saat ditemui di Gedung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Jakarta, pada Sabtu (15/7/2017).
 
 
 
 
 
Artikel Selanjutnya
Agar ASI Mengalir Lancar, Ini yang Perlu Ibu Perhatikan
Artikel Selanjutnya
6 Cara Sederhana Kuatkan Jantung