Sukses

Selain Wortel, 4 Makanan Ini Menyehatkan Mata

Selain wortel, ada beberapa makanan yang juga memiliki khasiat untuk membantu menyehatkan mata.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu tahu wortel memiliki manfaat untuk kesehatan mata. Faktanya, wortel mengandung beta karotin, sejenis vitamin A yang membantu retina menjalankan fungsinya.

Namun selain wortel, ada beberapa makanan yang juga memiliki khasiat untuk membantu menyehatkan mata, mengutip aman Health, Jumat (14/7/2017).

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin, sejenis antioksidan yang menurut penelitian mampu meminimalisir risiko katarak.

2. Telur

"Kuning telur merupakan sumber utama lutein dan zeaxanthin, ditambah zink yang juga membantu mereduksi risiko degenerasi makular, yaitu kondisi yang menyebabkan hilangnya penglihatan sentral akibat kerusakan makula atau bagian tengah retina," kata Paul Dougherty, Laser Vision asal Los Angeles.

3. Jeruk dan berry

Buah-buahan seperti jeruk dan berry kaya akan vitamin C, yang terbukti mampu mereduksi risiko pengembangan degenerasi makular dan mencegah katarak.

4. Kacang almond

Almond mengandung vitamin E yang berdasarkan penelitian mampu memperlambat degenerasi makular. Segenggam kacang almond cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin E harian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini