Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Begini 5 Kondisi Payudara yang Terlihat Normal

Beberapa kondisi payudara ini sangat normal terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tidak terlalu banyak memikirkan payudara milik sendiri setiap hari. Tapi jika Anda melihat payudara teman terlihat berbeda, mungkin Anda juga mempertanyakan, mengapa payudaranya terlihat beda dari yang Anda miliki.

Padahal, variasi payudara antarwanita bisa berbeda. Anda perlu memerhatikan hal berikut, dilansir dari Self, Minggu (16/7/2017), bahwa payudara yang Anda miliki normal.

1. Payudara terasa nyeri

Payudara akan terasa nyeri. Hal ini biasanya terjadi saat menstruasi dan akan sembuh dengan sendirinya. Tapi rasa nyeri pada payudara bisa dikaitkan dengan kafein atau bra yang tidak pas. Rasa nyeri termasuk umum terjadi.

Dalam kasus langka, payudara yang nyeri bisa menjadi tanda kanker payudara. Kondisi ini biasanya disertai gejala lain, seperti pembengkakan payudara dan kulit yang mengerut menyerupai permukaan jeruk.

2. Benjolan pada payudara

Benjolan pada payudara bukan masalah payudara, tapi lebih banyak masalah kulit. Anda mungkin juga melihat benjolan di sekitar puting susu, yang dikenal sebagai kelenjar montgomery. Ini sangat normal.

Tapi jika ada benjolan kemerahan dan gatal pada puting susu atau payudara, sebaiknya pergi ke dokter. Ini bisa menjadi tanda adanya jenis kanker payudara langka. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ukuran payudara

3. Ukuran payudara antara yang satu lebih besar dibanding lain

Ukuran payudara bisa berbeda. Hal ini umum terjadi. Tapi jika Anda melihat salah satu payudara tiba-tiba lebih besar dari yang lain dan Anda tidak yakin penyebabnya.

Sebaiknya, pergi ke dokter. Ukuran payudara yang tiba-tiba besar bisa menjadi tanda kanker payudara.

4. Muncul stretchmark (selulit) pada payudara

Seperti stretchmark di bagian lain tubuh, stretchmark pada payudara hanyalah juga bisa terjadi. Ini biasanya terjadi saat payudara Anda tumbuh saat berat badan naik dengan yang cepat.

Misal, saat hamil. Bahkan bisa terjadi saat payudara berkembang pada masa pubertas.

3 dari 3 halaman

Variasi kulit

5. Punya beberapa variasi warna kulit

Serupa seperti kulit di bagian tubuh lain, kulit pada payudara cukup normal bila warnanya berbeda. Warna kulit payudara bisa berubah karena hormon, paparan sinar matahari, dan pengobatan. Sebagian besar perubahan warna kulit tidak bermasalah.

Namun, jika Anda memiliki variasi warna kulit pada payudara dan tidak hilang, Anda bisa bertanya pada dokter. Kondisi ini bisa menjadi masalah kulit daripada masalah payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.