Sukses

4 Manfaat Tidur Siang Selama 20 Menit

Manfaat tidur siang yang jarang diketahui banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Tidur siang sangat dianjurkan untuk semua orang, termasuk mereka yang sedang bekerja di kantor. Lama waktu untuk tidur siang yang disarankan adalah selama 20 menit setiap hari. Kira-kira apa manfaatnya?

Menurut Sara C. Maednick, seorang ahli tidur dan penulis Take a Nap! Change Your Life, manfaat luar biasa untuk tubuh yang lebih sehat bisa didapatkan dari tidur siang selama 15 sampai 20 menit. Menurut banyak pakar, waktu ini menjadi paling ideal untuk tubuh mengisi energi.

Dikutip dari Boldsky, Sabtu (14/7/2017), berikut manfaat tidur siang yang jarang diketahui banyak orang.

1. Meningkatkan memori

Studi menunjukkan bahwa tidur selama 20 menit akan mengalami peningkatan signifikan pada kemampuan kognitif mereka. Jika dilakukan secara rutin, tidur siang juga dapat memberikan dorongan yang luar biasa dalam kinerja bekerja.

2. Menurunkan tekanan darah

Banyak dokter yang setuju jika tidur siang secara efektif akan menurunkan tekanan darah. Selain itu, tidur siang juga bisa mencegah kerusakan tekanan darah tinggi di arteri dan vena.

3. Redam stres

Tidur siang selama 20 menit dapat berefek menenangkan saraf sekaligus menurunkan hormon stres yang dapat mengganggu tekanan darah dan denyut jantung.

4. Perbaiki fungsi jantung

Kelelahan dan ketegangan dapat membuat fungsi jantung menurun, tapi ini bisa diatasi dengan tidur siang.

Tidur siang selama 20 menit dapat mengurangi ketegangan dan baik untuk jantung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.