Sukses

Ini Bukti Seks Bikin Pasangan Tambah Pintar

Ada banyak alasan mengapa pasangan harus melakukan hubungan seks sekarang juga

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak alasan mengapa pasangan harus melakukan hubungan seks sekarang juga. Selain dapat membakar kalori, seks teratur juga dapat meningkatkan kesehatan otak.

Studi yang dilakukan oleh ilmuwan dari Coventry University di Inggris ini bahkan menilai, pasangan yang melakukan hubungan seks setidaknya seminggu sekali lebih cerdas karena mencetak skor tinggi pada tes fungsi kognitif, kemampuan berbicara, bahasa, fokus dan kemampuan menempatkan benda (visuospasial) dibandingkan mereka yang jarang bercinta.

 

"Penelitian menunjukkan, seks bisa membuat ingatan lebih baik," ungkap peneliti, seperti dikutip Menshealth, Jumat (14/7/2017).

Peneliti mengungkap, alasan yang paling mungkin karena seks akan memicu hormon dopamin (bahagia) yang dihasilkan otak. "Ini penting karena hormon ini dikaitkan dengan sejumlah fungsi otak yang melibatkan memori lebih baik."

"Ada juga kemungkinan bahwa lebih sering bercinta dapat melindungi neuron di otak seiring bertambah usia yang dapat mencegah kepikunan," katanya.

 

Kendati demikian, karena penelitian dilakukan pada orang dewasa tua, tidak jelas bagaimana hubungan seks mempengaruhi otak pada kelompok usia muda. Untuk itu, para ilmuwan berharap studi lebih lanjut diperlukan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.