Sukses

Perbedaan Orang yang Mudah Gerah dan Mudah Kedinginan

Saat kita merasa dingin padahal orang lain kegerahan, apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa kedinginan saat orang lain merasa kegerahan, atau sebaliknya? Jika demikian, tak perlu khawatir, karena setiap orang bisa merasakan hal tersebut karena bagian otak manusia yaitu hipotalamus, menghasilkan hormon yang mengatur suhu tubuh bagian dalam.

Dilansir dari laman Women's Health, Jumat (14/7/2017), terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang merasa kegerahan saat orang lain merasa kedinginan.

1. Stres

Jika Anda selalu kepanasan di dalam ruangan yang dingin, hal tersebut bisa disebabkan oleh tekanan atau stres.

"Saat seseorang mengalami stres, sistem saraf otonom menegang dan menyebabkan darah bergerak ke arah organ inti tubuh Anda dan menyebabkan suhu tubuh meningkat," kata Michael Lynch, Ph. D, seorang neuropsikolog klinis.

2. Jenis Kelamin

Apakah suami Anda selalu merasa kegerahan padahal Anda merasa kedinginan? Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Indoor Environment and Health menemukan bahwa walaupun tidak ada perbedaan besar dalam suhu tubuh pria dan wanita, namun wanita cenderung merasa sensitif terhadap suhu di sekitarnya.

"Alasannya, wanita umumnya memiliki tubuh lebih kecil dari pria dan lebih sering terpapar lingkungan," kata Heather Milton, fisiolog di NYU Langone Sports Performance Center.

Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh University of Utah pada tahun 1998 juga menemukan, walaupun wanita hanya memiliki suhu inti yang sedikit lebih hangat, tangan mereka secara signifikan lebih dingin daripada pria.

3. Faktor pola pikir

Selain dua faktor di atas, faktor lainnya yang menyebabkan seseorang gerah saat yang merasa menggigil adalah karena pikiran. Anda berpikir cuaca terlalu dingin sehingga Anda merasa kedinginan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.