Sukses

Gelisah Melihat Gelembung di Kopi? Mungkin Kamu Fobia Ini

Melihat gelembung pada secangkir kopi bisa membuat orang dengan fobia ini merasa gelisah dan tegang.

Liputan6.com, Jakarta Rasa gelisah, merinding, bahkan enggan melihat gelembung-gelembung yang ada di atas permukaan kopi, petanda Anda mengalami fobia yang disebut trypophobia.

Sebuah penelitian mengatakan, orang yang takut, gelisah, dan memberikan respons buruk terhadap segala benda yang bulat dan kecil seperti, gelembung kopi atau pori-pori pada spon, mereka mengalami tryphobia.

Bukan hanya melihat benda, tapi Tom Kupfer, seorang peneliti dari University of Kent di Inggris, juga mengatakan orang yang trypophobia tidak bisa melihat penyakit menular pada kulit seperti cacar, campak dan rubela. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Cognition and Emotion, meneliti 300 orang dengan trypophobia.

Peneliti melihat respons buruk yang diberikan responden saat melihat gambar ruam melingkar di dada, bekas luka cacar di tangan, bahkan sekelompok kutu di badan.

Temuan ini melihat orang dengan trypophobia mengalami rangsangan pada yang terlalu tinggi, sampai-sampai gelembung pada secangkir kopi dapat memicu fobia mereka dan mengakibatkan ketegangan dan kegelisahan dikutip dari Health Site, Sabtu (15/7/2017).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.