Sukses

Sebelum Makan Telur Setengah Matang, Cermati Aturan Ini

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang sangat menikmati makan telur matang. Namun, ada pula orang yang lebih menyukai telur setengah matang. Apakah berbahaya makan telur setengah matang?

Telur setengah matang terkadang membuat orang cemas terhadap bakteri salmonela yang bisa terkontaminasi pada telur. Jika seseorang mengonsumsi telur yang terkontaminasi salmonela, maka berisiko keracunan makanan.

Untuk itu, ada aturan yang perlu dicermati sebelum makan telur setengah matang. Prof. Dr. Ir. Rindit Pembayun, M.S, ahli pangan dari Universitas Sriwijaya, mengatakan, ada dua kunci utama yang harus dipenuhi, yaitu higienitas dan sanitasi.

Higienitas berfokus pada kebersihan telur, sedangkan sanitasi menyangkut upaya menjaga telur dengan baik. Telur yang ditaruh di tempat yang bersih akan terhindar dari kontaminasi bakteri salmonela.

"Telur setengah matang tetap sehat dan aman dimakan. Tentunya, bila memperhatikan kebersihan tempat telur itu ditaruh," jelas Prof Rindit saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Jumat (14/7/2017). 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Sering Kembung Usai Makan Daging, Kenapa Ya?
Artikel Selanjutnya
Konsumsi Banyak Daging Kambing? Lakukan Hal Ini Setelah Idul Adha