Sukses

4 Fakta Alat Tes Kehamilan

Liputan6.com, Jakarta Alat tes kehamilan (tespack) tersedia dalam bermacam bentuk dan merek. Terkadang hal itu membuat wanita bingung untuk memilih alat tes kehamilan.

Sebelum memilih merek dan jenis alat tes kehamilan, sebaiknya ketahui empat hal mengenai testpack, dikutip dari laman Women's Health, Kamis (13/7/2017).

1. Alat tes kesehatan mengukur hal yang sama

Mungkin ada puluhan tes kehamilan dengan merek berbeda. Namun faktanya, semua tes kehamilan urine mengukur hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (HCG).

Hormon HCG sebenarnya ada dalam tubuh meskipun sedang tidak hamil. Namun, begitu janin ditanamkan dan mulai tumbuh, tingkat hormon tubuh seorang wanita akan meningkat drastis.

"Begitu tingkat hormon sampai ke 25 Unit Internasional (IU), tes tersebut akan tampak positif," kata G Thomas Ruiz, MD, ahli obstetri ginekologi di Orange Coast Memorial Medical Center di Fountain Valley, CA.

2. Lakukan tes di pagi hari

Melakukan tes kehamilan akan lebih akurat dengan urine pertama di pagi hari karena setelah beberapa jam tidur, hormon HCG akan menumpuk di saluran urine. hal ini mempermudah untuk mengecek kehamilan.

Urine lebih terkonsentrasi dengan HCG, sehingga akan menghasilkan tes positif jika Anda hamil. Itu karena, setidaknya 25 IU HCG diperlukan agar tes tersebut menjadi positif.

3. Alat tes yang lebih mahal belum tentu lebih akurat

Anda tidak perlu membeli alat tes kehamilan yang paling mahal untuk membuktikan kehamilan Anda. Faktanya, alat tes kehamilan paling murah pun mampu mendeteksi kehamilan jika memang Anda hamil, begitu pula sebaliknya.

4. Kondisi kesehatan dapat mempengaruhi hasil tes

Obat tertentu yang biasanya digunakan untuk kesuburan umumnya mengandung hormon HCG dan berpotensi meningkatkan kadar hormon HCG dalam urine. Hal ini dapat memberikan hasil positif pada alat tes kehamilan.

Selain itu, kelainan hipofisis atau kanker sel dan tumor di ovarium juga dapat menyebabkan peningkatan hormon HCG juga.

Apabila Anda mendapatkan hasil positif pada tes kehamilan, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui hasilnya secara pasti.

Artikel Selanjutnya
5 Sebab Kate Middleton Alami Mual dan Muntah Parah
Artikel Selanjutnya
Hamil Ke-3, Kate Middleton Kembali Alami Hyperemesis Gravidarum