Sukses

Berapa Sering Perlu Cuci Perkakas Dapur agar Bebas Bakteri?

Perhatikan untuk mencuci benda-benda yang ada di dapur agar terbebas dari bakteri.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan benda-benda di dapur, mulai dari spons cuci piring sampai oven, Anda mungkin harus mempertimbangkan, seberapa sering Anda perlu mencuci benda-benda tersebut.

"Berbahaya tidak mencuci benda-benda yang ada di dapur. Jika tidak dicuci, bisa terjadi kontaminasi silang dan penyebaran bakteri," kata Melissa Maker, pendiri Clean My Space, yang berbasis di Toronto. "Semakin sering Anda memasak atau menggunakan benda tersebut, maka semakin sering juga Anda harus mencucinya."

Berdasarkan riset dari 1.000 spons dan serbet di dapur, sekitar 10 persen dari benda itu mengandung bakteri salmonella. Ditulis dari Global News, Kamis (13/7/2017), ada beberapa tips seberapa sering perlu mencuci benda-benda yang ada di dapur.

Spons

Cuci spons tiap kali digunakan. Singkirkan sisa-sisa makanan dan noda yang ada pada spons.

Serbet

Anda harus mencuci serbet tiap 24-48 jam, tergantung seberapa sering Anda menggunakannya. Pastikan serbet dalam keadaan kering sebelum memasukkannya ke tumpukan cucian. 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keset

Keset

Jika keset terbuat dari kapas, Anda bisa mencucinya tiap minggu atau lebih sering. Terlebih lagi kalau sudah bau.

Sarung tangan oven

Jika Anda sering menggunakan sarung tangan oven, pastikan mencucinya tiap tiga bulan sekali atau lebih, terutama jika terlihat kotor. Pastikan memeriksa label perawatan sebelum melemparkannya ke tumpukan cucian.

Oven

Bagian dalam oven harus dibersihkan saat terlihat menghitam. Secara umum, Anda bisa membersihkannya dua sampai empat kali setahun, tergantung frekuensi penggunaan. Semakin lama Anda membiarkannya, maka semakin sulit untuk membersihkannya.

3 dari 3 halaman

Bagian atas kompor

Bagian atas kompor

Bagian atas kompor harus dibersihkan secara menyeluruh setelah digunakan. Ini untuk menghindari penumpukan minyak.

Tempat sampah

Tempat sampah harus dicuci tiap tiga bulan. Cuci tempat sampah secara menyeluruh.

Kulkas

Anda bisa membersihkan kulkas tiap bulan. Bersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel. Anda juga bisa membersihkan kulkas tiap tiga bulan sekali untuk membuang makanan yang tidak layak dimakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.