Sukses

Makan Buah Ini Tiap Hari Bakal Cegah Demensia

Menurut studi terbaru, buah ini juga dapat mencegah risiko demensia (kerusakan sistem saraf otak).

Liputan6.com, Jakarta Buah-buahan sitrus atau asam seperti jeruk, lemon, jeruk nipis atau grapefruit bukan hanya memiliki kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk daya tahan tubuh. Menurut studi terbaru, buah ini juga dapat mencegah risiko demensia (kerusakan sistem saraf otak).

Dalam studi yang dilakukan pada lebih dari 13.000 orang di Jepang ini, para ilmuwan menemukan makan buah sitrus bisa mengurangi 23 persen risiko demensia.

Peneliti tidak tahu persis apa hubungan antara sitrus dan demensia, tulis studi yang diterbitkan British Journal of Nutrition tersebut. Namun mereka yakin, ada kandungan tertentu di jeruk yang bisa melindungi otak.

"Selama masa penelitian, jeruk mandarin paling banyak dikonsumsi. Namun tak menutup kemungkinan jeruk lainnya mengandung sejumlah flavanoid tertentu yang dapat melindungi neuron di otak sehingga mencegah peradangan pada otak," ujar peneliti, seperti dikutip Menshealth, Kamis (13/7/2017).

Para peneliti berharap, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan tersebut. Tapi sementara itu, tidak ada kerugian untuk meningkatkan asupan buah Anda.

Sebuah penelitian sebelumnya menemukan, semakin banyak buah yang Anda konsumsi, maka semakin rendah risiko diabetes. Dan jika Anda khawatir akan ukuran pinggang, maka serat buah akan melindungi Anda, kata penasihat nutrisi Kesehatan Pria, Mike Roussell, Ph.D.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dementia sering disalahartikan sebagai penyakit pikun. Namun sebenarnya, demensia bukanlah penyakit melainkan gejala suatu penyakit.

    Demensia

  • buah