Sukses

Rutin ke Gym Jadi Percuma Kalau Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama, sekitar enam jam tanpa berdiri dan berjalan sedikit pun akan menurunkan metabolisme tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang memiliki pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk duduk selama lebih dari tujuh jam. Duduk terlalu lama tanpa istirahat ini justru akan menurunkan kesehatan secara menyeluruh sekalipun mereka rutin ke gym.

Terlalu lama duduk tanpa mengimbangi dengan waktu istirahat--berdiri atau berjalan--akan memberikan dampak buruk pada usia lanjut.

Seperti dikutip dari laman Boldsky, Rabu (12/7/2017), sebuah lembaga penelitian menemukan bahwa duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko sakit punggung, kepala, leher, obesitas, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Lebih dari 40 penelitian mengatakan duduk selama lebih dari enam jam dalam sehari, tanpa istirahat selama 15 menit pada setiap jamnya, dapat menghabiskan pertumbuhan massa otot, bahkan bagi mereka yang berolahraga intens di gym.

Para periset mengatakan bahwa duduk berkepanjangan dapat menyebabkan fluktuasi kadar insulin tubuh. Kondisi tersebut akan memperlambat tingkat metabolisme, sekaligus keinginan makan yang lebih besar. Dan jika tidak diimbangi dengan gerakan aktif akan menjerumuskan Anda ke lingkaran setan.

Pakar kesehatan menyarankan untuk memperbanyak asupan air putih dan beristirahat dari duduk setiap dua jam sekali. Anda bisa berkeliling kantor atau bekerja sambil berdiri selama sepuluh menit untuk menghindari masalah kesehatan akibat duduk terlalu lama. 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.