Sukses

Mengenal Ragam Manfaat Air Garam

Ada berbagai manfaat yang tersimpan dalam air garam, mulai dari menjaga kesehatan tubuh, tulang, sampai kulit.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda meminum air garam hangat di pagi hari? Praktik ini cenderung belum umum untuk dilakukan banyak orang. Padahal ternyata, air garam hangat menyimpan banyak manfaat kesehatan.

Air garam di sini adalah gabungan dari garam laut yang belum direfinasi (diolah secara kimia) yang kaya mineral dengan air. Air garam ini bisa membantu mendukung kemampuan alami tubuh untuk meregulasi dan menyembuhkan dirinya sendiri.

Berbeda dengan kepercayaan selama beberapa tahun belakangan, yang mengatakan garam berbahaya untuk kesehatan, meminum air garam sangat menguntungkan bagi tubuh. Namun harus diingat, garam yang dimaksud di sini adalah garam alami yang belum mengalami berbagai proses yang merusak manfaat alaminya--berbeda dengan garam dapur.

Garam yang belum direfinasi membantu menyeimbangkan gula darah, menjaga tulang tetap kuat, mendongkrak metabolisme, meningkatkan imun tubuh dan masih banyak lainnya.

Selain itu, garam alami ini juga bisa jadi sumber berbagai nutrisi dan mineral yang dikenali tubuh dan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatannya.

Ketika digabungkan dengan air bersih, ion positif di dalam garam ini akan mengelilingi ion negatif dari molekul air dan sebaliknya. Hal ini kemudian akan menciptakan struktur baru yang bermuatan elektrik yang akan mudah diserap oleh tubuh.

Ketika diminum dan dicerna tubuh, muatan elektrik ini akan mengirimkan sinyal elektrik antara sel dan mendampingi ginjal untuk menjaga keseimbangan cairan.

Meminum air garam sebenarnya bukan hal baru dan sudah dipraktikkan di berbagai negara di dunia selama berabad-abad. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Air Garam

Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari meminum air garam mengutip Alternative Daily, Rabu (12/7/2017):

1. Hidrasi

Meminum air yang sudah dicampur dengan garam alami yang memudahkan tubuh untuk menyerapnya dan menggunakannya.

2. Melancarkan pencernaan

Air garam akan mengaktifkan kelenjar ludah di mulut yang kemudian akan melepaskan amylase. Kemudian ketika sampai di perut, garam akan menstimulasi asam hidrolik dan enzim protein-pencernaan. Keduanya akan membantu mengurai makanan.

3. Mengurangi inflamasi

Para peneliti telah menghubungkan kekurangan garam dalam waktu lama dengan meningkatnya risiko beberapa penyakit kronis seperti sindrom metabolik, penyakit kardiovaskular, dan berkurangnya fungsi kognitif.

4. Tidur lebih baik

Stres adalah penyebab utama berkurangnya kualitas tidur pada kebanyakan orang. Air garam alami bisa mengurangi stres karena meningkatkan kadar oksitosin tubuh.

Minum air garam sebelum tidur akan membuat tidur Anda lebih nyenyak dan bebas stres.

5. Menjaga kesehatan tulang

Air garam mengandung mineral alami yang akan membantu menjaga kekuatan tulang. Selain itu air garam juga memiliki efek basa yang membantu mencegah terjadinya osteoporosis alias tulang keropos.

6. Membuat kulit lebih sehat

Kandungan kromium dalam air garam membantu memerangi jerawat dan mengurangi infeksi kulit. Belerang di dalamnya menjaga kulit tetap bersih dan halus.

Air garam juga bisa membantu mengatasi permasalahan seperti kulit kepala kering, eczema, dan kulit kemerahan akibat kekurangan sulfur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.