Sukses

Sarapan Telur Setiap Pagi, Baik Atau Buruk?

Tinggi kolesterol, amankah telur jika dimakan setiap hari?

Liputan6.com, Jakarta Telur merupakan salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi untuk sarapan. Namun, apakah mengkonsumsi telur setiap pagi baik bagi tubuh, atau sebaliknya?

Dilansir dari laman Boldsky, Rabu (12/7/2017), tidak perlu khawatir jika Anda menjadikan telur sebagai menu sarapan setiap pagi karena telur setara dengan 70 kalori dan merupakan sumber protein yang membantu menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, telur juga memiliki sejumlah manfaat lainnya.

1. Mengenyangkan lebih lama

Saat Anda makan telur untuk sarapan, bukan roti panggang atau sereal, protein dan lemak di telur membantu menjaga tingkat energi Anda tetap naik dan juga membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari kudapan di tengah hari dan akhirnya makan lebih sedikit. Ini baik bagi seseorang yang sedang menjalani diet.

2. Mengatur tingkat kolesterol

Satu telur mengandung kolesterol sebanyak 200 miligram dan ini adalah jumlah yang dibutuhkan untuk tubuh. Kolesterol dalam telur dianggap sebagai kolesterol baik.

Hal ini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Mengkonsumsi telur untuk sarapan pagi dapat membantu Anda memulai hari Anda dengan kadar kolesterol yang stabil.

Namun, bukan lantas Anda makan berbutir-butir telur setiap hari. Batasi konsumsi telur Anda hanya satu butir setiap hari.

3. Mengurangi risiko kanker

Kolin, makronutrien yang sama yang membantu fungsi hati Anda juga dapat mengurangi risiko kanker payudara pada wanita. Ingat bahwa kolin ditemukan di kuning telur dan bukan putih telur, jadi tidak perlu takut untuk mengkonsumsi kuning telur, ya.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selenium adalah nutrisi yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengatur hormon tiroid. Telur kaya akan selenium. Mengkonsumsi satu untuk sarapan dapat membantu Anda melawan infeksi dan membantu Anda membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.