Sukses

Konsumsi Tiga Cangkir Kopi Sehari Turunkan Risiko Kematian

Liputan6.com, Jakarta Anda pencinta kopi? Jika ya, ini mungkin jadi kabar baik untuk Anda. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, minum tiga cangkir kopi sehari menurunkan risiko segala penyakit dan kematian. Luar biasa, bukan?

Kopi memang merupakan salah satu minuman favorit yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia. Diperkirakan ada 2,25 miliar cangkir kopi yang dikonsumsi di seluruh dunia setiap hari.

Seperti dimuat laman Daily Star, Rabu (12/7/2017), studi tersebut dilakukan oleh tim ilmuwan dari Imperial College London. Mereka bahkan menemukan kopi tanpa kafein juga memiliki efek yang sama.

Ilmuwan menganalisis data dari lebih setengah juta orang di 10 negara Eropa, termasuk Inggris, untuk mengeksplorasi pengaruh konsumsi kopi terhadap risiko mortalitas. Hasilnya cukup mengejutkan.

"Periset dari Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) dan Imperial College London menemukan, tingkat konsumsi kopi yang lebih tinggi terkait dengan penurunan risiko kematian," tulis laporan tersebut.

Dr Marc Gunter dari IARC mengatakan, konsumsi kopi berkaitan dengan risiko kematian, khususnya untuk penyakit peredaran darah dan penyakit pencernaan. "Yang menarik, hasil studi ini serupa di seluruh 10 negara Eropa dengan kebiasaan dan kebiasaan minum kopi yang bervariasi," katanya.

Dengan menggunakan data dari studi EPIC (European Calon Investigation into Cancer and Nutrition), kelompok tersebut menganalisis data dari 521.330 orang dari usia di atas 35 dari 10 negara Uni Eropa, termasuk Inggris, Prancis, Denmark dan Italia.

Pendiri EPIC, Profesor Elio Riboli menambahkan, temuan ini menambah bukti bahwa minum kopi tidak hanya aman, tapi memiliki kesehatan yang melindungi kesehatan.

"Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan, kita dapat yakin bahwa hasil studi ini mengkonfirmasi temuan sebelumnya mengenai manfaat kopi di seluruh dunia," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.