Sukses

Lirik Bermakna Sensual, Bolehkah Anak Nyanyikan Lagu Despacito?

Liputan6.com, Jakarta Demam lagu "Despacito" dari Luis Fonsi menjangkiti siapa saja. Tak cuma orang dewasa, banyak anak yang juga suka dengan lagu berbahasa asing itu.

Namun bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, rupanya lirik lagu "Despacito" diperuntukkan bagi orang dewasa. Kata-kata bernada sensual menghiasi lagu yang pertama kali diunggah ke Youtube pada Januari 2017 ini.

Bisa dilihat dari cuplikan liriknya dalam bahasa Indonesia berikut ini: "Aku ingin menghirup aroma lehermu dengan perlahan, biarkan aku membisikkan sesuatu di telingamu. Sehingga kau akan mengingatku saat aku tak ada di sampingmu".

Bila anak-anak menyanyikan lagu berbahasa Spanyol tersebut apa yang harus dilakukan orangtua?

Menurut psikolog anak, Anna Surti Ariani, bila anak tidak tahu arti dari lirik lagu tersebut sebenarnya tidak masalah. "Bila mereka sekadar mengatakan saja, kalau enggak tahu artinya itu enggak memberi efek," tuturnya.

Namun, bila anak usia pra remaja sekitar 9-10 tahun dan sudah mencari tahu lebih banyak dari lagu itu, bisa menimbulkan kebingungan dan konflik pada anak. Oleh karena itu psikolog yang akrab disapa Nina ini menyarankan orangtua mendiskusikan lagu itu.

"Bukan berarti orangtua membutakan diri, jangan pura-pura enggak tahu. Namun memang benar mengecek apa yang anak ketahui tentang lagu itu," pesannya saat dihubungi Health-Liputan6.com pada Selasa (11/7/2017).

Nina menyarankan, buat diskusi santai dengan anak kemudian orangtua menggali pemahaman anak akan lagu tersebut. "`Menurut kamu lagu itu gimana?`, `Apa sih bagusnya lagu itu?', 'Eh, memang lagu ini artinya apa sih, Dek?'," kata dia.

Jika memang anak sudah tahu lagu itu berlirik sensual, ajak diskusi lebih mendalam lagi. Bisa jadi kalimatnya sensual atau vulgar tapi anak tidak tahu maknanya demikian.

"Misalnya tanyakan kepada anak misalnya tentang lirik melepas bajumu, 'Menurut kamu arti lirik itu apa sih?'," contohnya.

Umumnya anak-anak pra remaja yang sudah mengerti bila lirik "Despacito" bermakna sensual. Namun, melarang mereka untuk tidak menyanyikan lagu itu bukan cara yang tepat, melainkan ajak tukar pikiran lewat diskusi. 

Artikel Selanjutnya
Sandy Canester Gandeng Nadya Fatira di Lagu Terbaru
Artikel Selanjutnya
Naif Ajak Nge-rock n Roll di Prambanan Jazz Festival 2017