Sukses

Pola Hidup Sehat yang Bisa Diterapkan Pengidap Kanker

Jalani pola hidup ini jika sudah didiagnosa kanker payudara.

Liputan6.com, Jakarta Kanker payudara merupakan kanker yang lebih banyak mengincar kaum wanita. Meski begitu, bukan berarti kaum lelaki tidak memiliki risiko kanker payudara.

Jika seseorang terdiagnosis kanker payudara, alangkah baiknya untuk menjalani pola hidup sehat dan menghindari stres agar pengidap kanker tidak drop dalam menghadapi kanker payudara tersebut.

Seperti yang dikatakan oleh Direktur Rumah Sakit Onkologi Surabaya, Dr Siti Sundari Manoppo, penting sekali menjalani pola hidup sehat ketika seseorang mengidap kanker payudara.

"Begitu seseorang terdiagnosis kanker, kita lihat apakah dia mengidap penyakit kencing manis, darah tinggi dan jantung. Jika tidak mengidap penyakit tersebut, pengidap kanker payudara boleh konsumsi makanan apapun asal seimbang dan bernutrisi," kata Dr Sundari saat ditemui di Press Conference Indonesia Goes Pink, Selasa (11/7/2017) di kawasan Kebayoran Baru.

Konsumsi makanan yang sehat, kata dia, dibutuhkan untuk mengembalikan kondisi badan pengidap kanker payudara agar fit kembali dan sebagai recovery system (pemulihan).

"Setelah pengidap kanker payudara mulai melakukan tindakan kemoterapi, dia harus tingkatkan lagi kebutuhan proteinnya karena kemoterapi mempengaruhi sistem turunnya hemoglobin (HB), trombosit dan leukosit dan penyakit lain seperti sariawan dan gula darah. Kalau itu tidak diatasi dia akan drop, intinya jalani pola makan, istirahat cukup dan jangan stres," jelasnya lebih jauh.

Dr Sundari menambahkan, pengidap kanker juga perlu terhindar dari stres. "Caranya dengan banyak tersenyum, tertawa, bersosialisasi, berdoa dan bersyukur," pungkasnya.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.