Sukses

Pecinta Kopi Lebih Panjang Umur

Orang yang rutin minum kopi memiliki risiko lebih rendah meninggal cepat dibandingkan yang tidak minum kopi.

Liputan6.com, Jakarta Semakin banyak studi menunjukkan manfaat minum kopi. Studi terbaru menunjukkan, orang yang rutin minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit diabetes, jantung, dan beberapa jenis kanker. Dengan kata lain, orang yang rutin minum kopi berpotensi lebih panjang umur.

Fakta ini diketahui setelah peneliti menganalisis lebih dari 700 ribu orang Amerika Serikat dan 10 negara di Eropa. Hasilnya, orang kulit putih yang minum empat cangkir kopi setiap hari menunjukkan 18 persen risiko lebih rendah meninggal cepat dibandingkan yang tidak minum kopi.

Bagi yang rutin minum satu cangkir kopi per hari, risiko meninggal cepat menurun juga hingga 12 persen seperti mengutip Time, Rabu (12/7/2017).

Memang studi yang diterbitkan dalm Annals of Internal Medicine ini hanya menganalisis manfaat kopi pada orang kulit putih. Namun, peneliti memperkirakan manfaatnya juga sama pada orang Afrika Amerika, Jepang Amerika, Latin dan Asia Amerika.

Mengapa minum kopi bisa bikin lebih panjang umur?

Berdasarkan studi lain, kopi mengandung antioksidan yang mampu melawan penyakit jantung dan kanker. Selain itu menurunkan peradangan pada tubuh.

Meski minum kopi memiliki manfaat baik pastikan tidak berlebihan serta membatasi gula. Pastikan tidak minum kopi  lebih dari empat cangkir per hari ya.

  

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.