Sukses

Terima Banyak Pelukan Bikin Anak Sehat

Liputan6.com, Jakarta Pelukan dari orangtua adalah kunci kesehatan si Kecil. Psikolog Klinis dari Mumbai, India, Prerna Kohli, mengatakan, pelukan memiliki sejuta manfaat kesehatan emosional bagi si Kecil selama proses tumbuh dan berkembangnya.

Keuntungan sering-sering memeluk buah hati tercinta sudah diketahui sejak lama oleh dua artis cantik dari India, Mira Rajput dan Kareena Kapoor Khan. Biarpun kedua selebritas itu tidak dapat mengikuti pertumbuhan anak-anak secara menyeluruh tapi mereka tidak lupa untuk selalu memeluk buah hati tercinta sebelum dan sesudah beraktivitas.

Berikut manfaat dari memberi pelukan untuk si Kecil seperti dikutip dari situs Healthsite, Senin (10/7/2017)

1. Membuat mereka tidur lebih nyenyak

Jika Anda meringkuk si Kecil selama beberapa menit sebelum tidur, memiliki efek terapeutik yang membantu anak tidur lebih nyenyak.

2. Mengurangi stres

Anak yang selalu mendapat pelukan hangat ayah dan ibunya akan merasa rileks dan aman, karena kadar kortisol (hormon stres) berkurang.

3. Meningkatkan kekebalan Tubuh

Pelukan dapat meningkatkan kekebalan dengan mempromosikan produksi sel darah putih dengan merangsang kelenjar thymus. Ini akan membantu menjaga kesehatan anak dan terbebas dari penyakit.

4. Membantu menyembuhkan

Tahukah Anda bahwa pelukan membantu menyembuhkan penyakit? Ini lagi-lagi disebabkan oleh pelepasan oksitosin. Untuk alasan ini, orang tua bayi prematur dianjurkan untuk memiliki kontak kulit guna membantu mereka tumbuh dan berkembang. Alasan inilah yang dianjurkan oleh para ahli bahwa ibu yang baru melahirkan sembuh dengan cepat jika mereka bersama bayinya.

Poin penting lainnya yang disoroti oleh penelitian terkait pelukan adalah bahwa 90 persen dokter dan ahli percaya bahwa anak yang baru lahir dapat mengenali pelukan ibu mereka. Mereka dapat mengidentifikasi ibu mereka dengan melibatkan naluri dan indera utama mereka, seperti mengenali aroma dan suaranya.

Reporter: Michelle Tania 

 

Artikel Selanjutnya
Takut Lihat Jarum, Bocah Ini Tak Henti Istigfar Saat Disuntik
Artikel Selanjutnya
Jurus Jitu Jessica Iskandar Urus Anak Rewel