Sukses

Hentikan Kebiasaan Gosok Gigi Lebih dari 3 Kali Sehari

Pertimbangkan kembali untuk menggosok gigi 3-4 kali sehari.

Liputan6.com, Jakarta Gosok gigi dua kali sehari sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan mulut. Hal ini tidak hanya membuat gigi Anda berkilau, tapi juga menjaga gusi tetap sehat. Namun, bagaimana bila Anda menggosok gigi lebih dari dua kali sehari, yaitu sekali di pagi hari, malam hari, dan tiap selesai makan?

Dr Jyoti Sachdeva, Konsultan Endodontis, Fortis Memorial Research Institute (FMRI) Gurgaon mengatakan, menggosok gigi lebih dari tiga sampai empat kali dalam sehari akan menyebabkan erosi pada email gigi dan abrasi.

Akibatnya gigi jadi berlubang dan infeksi gusi lainnya. Bahkan jika Anda ingin menggosok gigi lebih dari dua kali di siang hari, teknik menggosok gigi harus benar.

Anda perlu menempatkan sikat gigi di sudut kanan dan memberikan gosokan lembut untuk menghindari kerusakan pada gusi.

Selain itu, Anda tidak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menggosok gigi. Anda cukup menggosok gigi paling sedikit dua sampai tiga menit. Tekanan lembut di sekitar gusi perlu diperhatikan, seperti dikutip dari The Health Site, Senin (10/7/2017).

Jika ingin menjaga mulut tetap bersih tiap selesai makan, Anda bisa berkumur dengan obat kumur atau air putih. Anda bisa melakukan setelah sarapan dan makan malam.

Gosok gigi setelah makan siang diperbolehkan dan tidak akan menyebabkan kerusakan pada gigi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.