Sukses

Orangtua, Lakukan 5 Hal Ini agar Perkembangan Anak Optimal

Penting sekali bagi orangtua mengajarkan serta menciptakan suasana yang mendukung perkembangan anak.

Liputan6.com, Jakarta Tahun-tahun pertama kehidupan, merupakan masa penting dalam perkembangan anak. Penting bagi orangtua mengajarkan serta menciptakan suasana yang mendukung perkembangannya agar optimal.

Agar anak-anak memiliki keterampilan sosial, bahasa, dan kestabilan emosi, dokter spesialis anak di Amerika Serikat menyarankan pada orangtua agar anak di bawah tiga tahun untuk melakukan lima hal berikut, mengutip Good Housekeeping, Senin (10/7/2017).

1. Membaca

Walau anak belum bisa berbicara atau membaca, orangtua sudah bisa membacakan sebuah bacaan setiap hari.

"Membacakan sesuatu untuk anak-anak adalah cara menyenangkan untuk membangun hubungan antara orangtua dengan anak yang kuat dan sehat. Serta merangsang perkembangan anak dalam berbahasa," kata dokter anak Pamela High.

2. Bermain bersama

Sesibuk apapun, sempatkanlah bermain bersama anak. Ini bukan tentang seberapa lama orangtua bermain dengan anak, melainkan kualitas hubungan yang tercipta.

3. Rutinitas

Salah satu cara anak belajar disiplin adalah dengan mengajarkan rutinitas harian. Mulai dari waktu dan cara makan, tidur, dan main.

4. Reward

Saat anak berhasil melakukan sesuatu, beri reward padanya. Tak harus hadiah, pujian juga bisa. Hal ini akan membangun kepercayaan dirinya dan perilaku positif di kemudian hari. 

5. Jalin hubungan yang kuat

Kembangkan hubungan emosional yang kuat dengan anak. Ketika dia memiliki kedekatan dengan orangtua, mereka merasa nyaman dan itu baik bagi perkembangan mental anak. 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini