Sukses

Manfaat Olahraga Bukan Cuma Turunkan Berat Badan

Olahraga tak sekadar menurunkan atau menjaga berat badan. Ada banyak hal luar biasa lainnya yang didapatkan dari aktivitas fisik ini.

Liputan6.com, Jakarta Jika pertanyaan "kenapa Anda olahraga?" dilontarkan, sebagian mungkin menjawab terkait berat badan. Entah itu menurunkan atau menjaga berat badan. Banyak orang lupa bahwa ada banyak manfaat hebat lainnya dari olahraga.

Personal trainer asal Australia, Kayla Itsines mengingatkan, olahraga itu diperlukan bagi semua orang. Selain membuat tubuh lebih sehat, ada beberapa alasan lain seperti dipaparkan Kayla, mengutip laman pribadinya kaylaitsines.com, Minggu (9/7/2017).

1. Membuat bahagia

Olahraga membuat tubuh melepaskan senyawa kimia bernama endorfin. Kehadiran endorfin dalam tubuh mampu membuat seseorang jadi merasa bahagia.

2. Meringankan stres

Menurut trainer yang memiliki pengikut di Instagram mencapai 7 juta orang ini, olahraga juga mampu meringankan stres. Kayla menyarankan ketika sedang stres dengan pekerjaan atau makalah yang sedang dibuat, daripada diam atau cemas, cobalah berolahraga.

"Olahraga tidak hanya membantu mengurangi stres jangka pendek, tapi juga panjang. Saat olahraga tubuh tidak stres. Kondisi ini membuat Anda lebih mampu dalam mengatasi masalah," katanya.

3. Tingkatkan kepercayaan diri

"Menurutkan olahraga itu bukan untuk meraih tampilan, tapi apa yang dirasakan," katanya.

Menurut Kayla, olahraga rutin menciptakan emosi positif yang membuat jadi sosok percaya diri. Bonus lainnya, tubuh jadi terbentuk sehingga Anda makin percaya diri.

4. Sehat

Ada banyak studi yang menunjukkan, orang yang rutin berolahraga lebih panjang umur. Selain umur panjang, kualitas hidup dengan berolahraga jadi baik. Misalnya latihan kardio terbukti mampu memperkuat tulang serta membantu mencegah keropos tulang di kemudian hari. Studi juga membuktikan olahraga teratur menyehatkan jantung.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini