Fitnes Meningkatkan Gairah Seks

on

Liputan6.com, Jakarta: Mereka yang fanatik fitnes mempunyai dorongan seksual yang lebih tinggi, kata para ilmuwan. Kesimpulan itu didapat setelah mereka meneliti adanya hubungan antara latihan fisik dan kepribadian.

Dr Peter Biro dari pusat penelitian ekologi dan evolusi University Of South Wales, Sydney, Australia, menyatakan, mereka yang doyan fitness juga lebih agresif dan dominan dalam pergaulan sosial. "Banyak bukti ilmiah dari sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi dan cenderung lebih banyak berlatih fisik memiliki dorongan seksual yang tinggi, katanya.

"Kita sering beranggapan bahwa orang yang berbadan atletis pasti berprilaku agresif dan dominan dalam lingkungan sosial sementara orang yang lebih tenang dan canggung sebagai orang aneh yang patuh," kata Dr Brio. "Itu memang bentuk generalisasi, tetapi banyak orang akan sepakat dengan kesimpulan itu," lanjut Dr Biro. Dalam artikelnya yang dimuat dalam Jurnal 'Trends in Ecology and Evolution' Dr Biro mengatakan kesimpulannya itu muncul setelah ia meneliti hubungan antara prilaku dan tingkat metabolisme pada sejumlah serangga, burung, dan binatang lain. Metabolisme merupakan sebuah proses kimia di dalam tubuh yang bertujuan untuk mengubah makanan menjadi energi.

Sementara itu, Chris Jones, kepala bidang psikologi pada Nuffield Health mengatakan meski terdapat hubungan langsung antara latihan fisik dan dorongan seksual, juga terdapat hubungan antara berlatih fisik secara teratur dengan tingkat tetosteron dan adrenalin dalam tubuh. "Ada bukti ilmiah yang menjelaskan bahwa meningkatnya jumlah tetosteron dan adrenalin pada laki-laki dan perempuan akan meningkatkan libido," kata Jones. "Yang menarik adalah, berlatih fisik juga mengatasi masalah menurunnya libido," Jones menambahkan. (Telg/Ant)
Suka artikel ini?

0 Comments