Sukses

Cara Mudah Obati Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat dapat membuat sulit bernafas. Ikuti cara berikut untuk mengobatinya.

Liputan6.com, Jakarta Hidung tersumbat disebabkan oleh peradangan pembuluh darah yang melapisi bagian dalam cuping hidung. Biasanya hidung tersumbat akibat flu, dingin atau alergi. Saat hidung tersumbat, lendir di hidung bisa menyebabkan sulit bernafas.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk meredakan hidung tersumbat yang dilansir dari laman Wikihow, Sabtu (8/7/2017).

1. Jangan mengeluarkan lendir dengan paksaan

Jika hidung tersumbat dan lendir sulit dikeluarkan, jangan memaksakannya karena hal itu justru memperburuk dan membuat cuping hidung semakin mengalami peradangan.

2. Minum dekongestan atau anti histamin

Salah satu obat yang banyak tersedia bebas di apotek adalah dekongestan dan antihistamin. Jika Anda merasa kedinginan, minumlah dekongestan yang akan memudahkan Anda untuk bernafas. Namun jika Anda merasa alergi dan demam, minumlah anti histamin. Hal ini akan mengurangi bersin.

3. Gunakan uap panas untuk melegakan pernapasan

Kelembaban dan panas dari uap akan memudahkan peradangan dan membantu Anda bernafas lebih mudah. Anda bisa melakukannya sebanyak yang Anda butuhkan.

Ada beberapa cara untuk mengalirkan uap panas, yaitu dengan mandi air hangat, menghirup uap panas dari termos atau menggunakan vaporizer.

4. Banyak minum air

Minum air mineral akan menipiskan lendir di hidung Anda, sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

5. Kompres hidung dengan handuk hangat

Basahi lap kain dengan air panas dan letakkan di atas hidung. Hal ini akan membantu hidung bernafas lebih lega.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini