Sukses

Mendongkrak Sistem Imun Tubuh

Liputan6.com, Jakarta: Cuaca yang kurang bersahabat perlu diwaspadai, karena bisa menyebabkan tubuh Anda terserang flu dan demam. Perlu trik khusus untuk mendongkrak sistem imun tubuh agar tetap sehat dan bugar? Berikut tipsnya:

1. Mengonsumsi makanan bervitamin D.
Menurut jurnal kesehatan American Journal of Clinical Nutrition, vitamin D berfungsi membentuk struktur tulang dan gigi lebih kuat, serta memperkuat sistem imun. Beberapa ahli kesehatan berpendapat, kalsiferol--nama lain vitamin D--efektif mencegah berbagai jenis kanker. Cara mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, susu yang diperkaya nutrisi, atau suplemen makanan khusus. Anda juga bisa berjemur sejenak merasakan kehangatan sinar matahari pagi, karena tubuh juga bisa memproduksi vitamin itu secara alami.

2. Cukup asupan serat larut.
Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan Journal Brain, Behavior, and Immunity, mengonsumsi menu makan kaya serat larut selama enam minggu lebih efektif, untuk menyembuhkan inflamasi atau peradangan akibat infeksi bakteri. Serat larut bisa Anda dapatkan dalam buah citrus, apel, wortel, kacang, dan oat. Salah satu makanan berserat tersebut bisa Anda konsumsi sebanyak 25 hingga 38 gram per harinya.

3. Jaga berat badan normal.
Berdasarkan penelitian ilmuwan dari Tuft University, orang dewasa bertubuh gemuk yang berhasil memotong sepertiga asupan kalori harian selama enam bulan dapat menaikkan daya tahan tubuh sebesar lima puluh persen. Jadi, cobalah mempertahankan bobot badan Anda hingga mencapai batas normal. Guna mengetahui ukuran normal tubuh, Anda bisa mengklik situs BMI Calculator.

Selamat mencoba! (preventionindonesia/ADI/SHA)

    Artikel Selanjutnya
    7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan
    Artikel Selanjutnya
    4 Makanan Ini Rusak Metabolisme Tubuh Saat Anda Menikmatinya