Sukses

Makan Tomat Bikin Jumlah Sperma Melesat

Selain mencegah kanker prostat, mengonsumsi tomat terbukti meningkatkan kualitas serta kuantitas sperma. Simak alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Tomat kerap disebut sebagai sayuran sahabat pria. Selain mencegah kanker prostat, mengonsumsi tomat meningkatkan kualitas serta kuantitas sperma. Tentu saja, ini faktor penting bagi pria yang ingin punya anak.

Dalam studi sebelumnya, disebutkan mengonsumsi tomat mampu meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen lebih banyak. Kehadiran likopen dalam tomat jadi faktor penting atas hal itu. Likopen adalah senyawa yang membuat tomat berwarna merah dan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas di tubuh.

Peneliti dari University of Sheffield, Inggris mencoba meneliti kembali manfaat tomat bagi sperma. Hasilnya, ditemukan kembali manfaat hebat bila pria mengonsumsi sayuran berwarna merah ini seperti mengutip Parents, Jumat (7/7/2017).

"Likopen dalam tomat membantu meningkatkan kualitas sperma serta mencegah keruskana DNA. Sehingga walau jumlah sperma yang dihasilkan banyak tapi itu kualitas sperma baik," kata profesor andrologi yang juga pemimpin studi ini, Allan Pacey.

Melihat hasil positif konsumsi tomat pada kualitas dan kuantitas sperma, di penelitian mendatang Pacey akan melakukan studi pada pria tidak subur.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini