Sukses

7 Makanan Ini Bantu Hentikan Kebiasaan Mengorok

Berikut tujuh makanan terbaik yang dapat membantu Anda mengatasi masalah mendengkur atau mengorok

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan mengorok atau mendengkur bisa berbahaya bagi kesehatan. Bagi beberapa orang, kebanyakan kasus mendengkur terkait dengan penyakit sleep apnea obstruktif yang mengakibatkan kesulitan bernapas dan berisiko kematian.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti menjaga posisi tidur miring atau menggunakan nasal trip (alat yang diletakkan di lubang hidung). Selain itu, beberapa makanan mungkin akan membantu.

Berikut tujuh makanan terbaik yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini, seperti dikutip Step to Health, Jumat (7/7/2017).

1. Tahu

Teksturnya yang lembut bukan hanya enak untuk dikonsumsi. Tahu dikenal akan sebagai makanan yang baik untuk orang yang terus mendengkur karena membuat rileks tenggorokan.

2. Madu

Kandungan nutrisinya dan gula alami membuat kualitas tidur semakin meningkat. Selain itu, madu juga merangsang produksi melatonin yang bisa membuat tidur nyenyak.

3. Ikan 

Semua jenis ikan berlemak mengandung antioksidan tinggi dan asam lemak omega-3 yang membawa manfaat kesehatan. 

Mengonsumsi ikan jenis ini setidaknya dua kali seminggu dapat membersihkan arteri, mengurangi kelebihan kolesterol dan mencegah perkembangan gangguan kardiovaskular.

Selain itu, ikan juga merupakan makanan terbaik bagi mereka yang berjuang melawan mendengkur, karena lemak alaminya dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan dan mengurangi kesulitan pernapasan.

4. Bawang putih

Saat dimakan mentah, bawang putih dapat memberi efek anti-inflamasi di tenggorokan , mengurangi suara pernapasan saat mendengkur.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah obat yang baik untuk melawan dengkuran yang tidak nyaman dan berulang. Minyak ini kaya akan asam lemak esensial dan senyawa anti-inflamasi yang membantu meningkatkan kualitas tidur, mencegah penyumbatan atau penyempitan saluran pernapasan.

6. Almond

Almond juga baik dikonsumsi untuk memerangi dengkuran di malam hari yang mengganggu. Selain menyediakan sejumlah besar vitamin, mineral, dan lemak sehat, almond dapat menenangkan jaringan tenggorokan sehingga dapat mengurangi dengkuran.

7. Rosemary

Herba ini memiliki sifat ekspektoran, anti-inflamasi, dan dekongestan yang dapat mengurangi dengkuran atau mengorok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.